Program baca 1 buku 1 minggu

Blog ini khusus membahas perjalanan dan buku yang saya baca.  Karena membaca itu ada dua hal: membaca tulisan/pemikiran orang (buku) dan membaca lingkungan.  Sebetulnya aktifitas membaca saat ini makin banyak, apalagi dengan adanya media online (jejaring sosial, blog dan website).  Tapi kok yah buat saya tetep, romantisme dan rasa penghargaannya beda ketika mata bersentuhan langsung dengan tinta yang ada di atas kertas: buku.

Sudah lama saya ingin membuat blog khusus tentang buku dan perjalanan, tapi niat bikin blog ini seringkali ditunda-tunda, yah, meskipun tulisan saya masih cetek-cetek dan ekstra harus banyak dilatih tapi ada niat baik, kan, hehehe... Setidaknya, dengan dituliskan kembali, apa yang saya baca tidak terlalu menguap karena sesekali bisa dibaca kembali intisari bacaanya di blog ini.  Sering sekali saya mendapatkan klu, pencerahan dan jawaban dari buku yang dibaca atau sebuah pertemuan dengan si fulan atau situasi tertentu. Banyak manfaatnya bacaan yang saya dapat, apapun jenis bacaannya, novel, cerpen, puisi, buku-buku biografi, how to, resep masakan, sejarah, cutural studies, apapun.  Anehnya, disaat hati galau atau sedang ada yang difikirkan, seolah ada magnet mengarahan mata dan tangan ini untuk mengambil buku yang isinya memberi jawaban untuk keluar dari ke-galau-an itu.  

Nah, dengan dilahirkannya blog matakubaca ini, saya mau membiasakan diri lagi untuk membaca minimal 1 buku dalam 1 minggu dan sedikit menuliskannya ala-ala review, resensi atau opini ria.  Karena belakangan ini, aktifitas membaca saya berantakan, ada saja alasan untuk tidak menuntaskan bacaan.  Sampai tidak terasa waktu terus berjalan, 1 hari terlewat lalu 1 minggu, 2 minggu makin terlewat, eh, tahu-tahu sudah 1 bulan tidak ada satu bukupun yang tuntas dibaca sampai akhirnya makin banyak buku yang menumpuk, bulukan, berdebu, dimakan tikus.  



Penyebabnya yang membuat buku-buku ini semakin menumpuk tapi belum juga dibaca adalah sulit mengerem belanja buku.  Saya selalu tergoda untuk mampir ke salah satu tempat main dan refleksi paling menyenangkan: ke toko buku, perpustakaan dan ke rumah saudara yang punya koleksi buku.  Seringkali datang ke tempat ini cuma buat baca sepotong-sepotong, menghirup tumpukan udara kertas buku, menikmati desain cover dan ulasan di backcover, sudah membuat saya bahagia dan penuh.  Tapi kalau sudah datang ke toko buku, ada rasa menyesal kalau tidak membeli buku setidaknya 1 buah saja, entahlah barangkali ini semacam penyakit.  Yah, ada konsumen yang membeli bukan butuh tapi merasa "puas" ketika berhasil membelinya, setelah beli kadang dibacanya entah kapan.  Sama halnya ketika kita melihat baju-baju diskon-an, rasanya ingin borong, tapi setelah dapat dipakaipun tidak.  Apalagi kalau ada acara pameran buku, seringkali memaksakan uang bulanan atau uang tabungan sendiri digunakan untuk membeli buku.  Kadang-kadang ada kepuasan ketika sudah punya sendiri,  efeknya: cukup banyak buku yang belum dibaca.  Banyak segambreng alasan seolah-olah tidak ada waktu untuk membaca dan sok sok sibuk itu. Walaupun benar sih, soalnya kadang sibuk engga kelihatan.  Tapi sebenernya, kalau ada niat pasti ada kok waktu nyelipin waktu buat baca.  

Jadi ceritanya saya bikin program buat diri sendiri yaitu menghadiahkan waktu dengan menuntaskan bacaan minimal 1 buku dalam 1 minggu. Pasti diantara teman-teman ada yang senasib dengan saya, atau bahkan program bacanya sudah super edun, jadi kita bisa saling dukung baca buku, bisa saling memberi informasi buku yang asik dan seru untuk dibaca dan tentunya meluaskan ilmu.  Dengan meluaskan ilmu bisa meluaskan pikiran, sudut pandang, hati dan langkah. Program ini engga ada hadiahnya (semoga nanti bakal ada), sementara ini hanya memberi hadiah pada hati-tubuh-pikiran-hidup kalau kamu berhasil menuntaskan 1 buku dalam 1 minggu, kalau lebih yah lebih mantap lah.  Ini program seru-seruan aja dan (bisa jadi) memperbaiki diri.  Lalu tulis review, sekedar opini pribadi atau kata bu Vivera mah tulis intisari dari buku yang sudah dibaca di blog pribadinya, ya, minimal 1 tulisan 1 minggu.  Kan asik bisa ngasih pandangan ke siapapun dan bisa jadi menambah manfaat.  

Nah, biar makin seru dan rame, saya mau ngajak teman-teman buat barengan ngejalanin ini, baca 1 buku dalam 1 minggu lalu ajak/mention temanmu lalu bagikan ilmu yang udah kamu dapat dari buku yang kamu baca di blog pribadi kamu.  Pasang baner #baca1buku1minggu di blog kamu arahkan linknya ke sini sebagai tanda partisipasinya, ini buat menunjukan komitmen dan alarm, "Oh, ya minggu ini harus baca buku, nih."  Terus kan bisa cek lemari buku, pilih buku yang belum kamu sentuh.  Oke yah, mari... mari... semoga hari-harimu semakin asik, diluaskan hati, diluaskan pikiran, diluaskan langkah.    


Ima.  
Serpong.  Desember 2014
#baca1buku1minggu

Comments

  1. Wah ketemu jodoh nih sesama penggila buku hihiii
    Saya juga suka borong2 gak jelas. Tapi buku-buku itu emang bagus sih. Dua di antaranya udah aku tulis ripiunya nih mak
    Eh iya salam kenal dari Semarang yaaa <3

    http://hidayah-art.blogspot.com/2015/01/the-beloved-aisyah-biografi-berbalut.html#more

    http://hidayah-art.blogspot.com/2014/12/review-buku-101-ceo-muda-yang-muda-yang.html#more

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik, asiiik... nanti Ima mampir-mampir ke Blognya :*

      Delete
  2. Good ide! dengan demikina kita dipaksa menuntaskan 1 buku yaa...Ada yg bilang, penyakit pecinta buku ialah ingin memiliki banyak buku, namun membacanya selintas.Semoga terhindar...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, Bu, saya punya penyakit yang Ibu jelasin ini, hahaha... kacau. Sekarang mau di rapi, rapiiii... hoho

      Delete
  3. Aku masih banyak hutang buku yang belum khatam, eh maen ke toku buku suka gatel pengen boyong,, satu aja. hehehe... Enaknya di ripyu ya teh, biar ga lupa isi buku yang udah dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, ga kerasa, ko, dicatet dikit-dikit, dibaca ulang lagi. Ima pelupa, kalo di catet ulang dikit-dikit suka terbantu, Fi

      Delete
  4. Saya juga suka baca buku...boleh dong kalau tukar pinjam koleksinya :)

    ReplyDelete
  5. Program yang kereen, tapi pass dulu takut ngga bisa komit. Klao aku 1 buku bisa cuma sejam, bisa juga sampe sebulan hihi tergantung bukunya siih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, fluktuatif yah, seringnya kalo udah ga klik sama buku, pengennya langsung berhenti aja, lanjut baca yang laen, hehe..

      Delete
  6. 1 buku 1 minggu.. waaww.. dulu saya begitu sekarang ampuunn dah.. kalau baca buku ga akan sempat nulis, kalau nulis ga sempat baca. Alhasil banyak bacanya dari internet saja...padahal dulu bisa 1 buku 1-2 hari.. wkwkwkwkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widih serunya 1 buku 1-2 hari, lanjutin aja, bisa ko :)

      Delete
  7. wah aku sih masih belajar baca cepat yang baik bu, belum bisa 1 buku 1 minggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren, keren! Maknanya kan dapet, yah. Sami sajooo :b

      Delete
  8. Keren teteh, semoga blog ini menjadi referensi buat banyak penggila buku ^^b

    ReplyDelete
  9. waaah...bagus niiih...1buku1minggu..aku demeen banget bacaaa...dan sayangnya jarang memberi resensi hiiiks...padahal lumayan banyak yang sudah aku baca dan mustinya bisa dishareee...semoga bisa ikutan...perlu didukung niiih :)

    ReplyDelete
  10. Hayu Mba Indah, buku-buku lama juga pasti banyak manfaatnya buat temen-temen pembaca. Ditunggu tulisannya yah :*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts